Rabu, 20 Juli 2011

Situs Jaringan Twitter





Twitter
kalo yang satu ini sedikit berbeda mengenai layanan yang diberikan kepada para penggunanya (terlebih bagi teman2 yang sudah candu duluan dengan facebook, pasti merasa aneh dan kurang nyaman awalnya. Namun setelah menelaah lebih jauh akan maksud dan tujuan dari jejaring ini, sebenarnya keunggulan dan keistimewaan situs microblogging ini tidaklah hanya seperti yang dikatakan dalam slogannya, yang berbunyi :

“Twitter is a service for friends, family, and co–workers to communicate and stay connected through the exchange of quick, frequent answers to one simple question: What are you doing?“
karena pada kenyataannya isi dari tweet-tweet (tulisan-tulisan) para twitter itu bukanlah mengenai apa yang mereka lakukan, melainkan juga diskusi, pembahasan mengenai sesuatu dengan mengkomentari tweet-tweet orang lain atau teman yang di follow-nya. Louh…. trus kenapa twitter bisa sangat populer hanya karena itu

twitter bisa menjadi sangat poluler karena kesederhanaan dalam menjawab tantangan sebuah media sosial untuk saling berkomunikasi secara lebih simpel antar pengguna, begitulah alasan pertama kenapa twitter bisa sangat populer di amrik. Twitter disebut micro-blogging karena dalam menuliskan artikelnya kita dibatasi sampai 14o karakter huruf saja, tidak bisa memasuki gambar dan video.

Salahsatu contohnya yang paling nyata dan berkesan bisa kita liat saat pasca kejadian bomm hotel Marriot, pembahasan ttg kejadian itu dengan kode #indonesiaunite sangat booming di twitter, hal tersebut ternyata sengaja dilakukan oleh teman2 kita sesama WNI untuk mempromosikan bahwa kami pun mengutuk kejadian tersebut serta tetap bersatu dan tidak takut, semacam ajang solidaritas.

Dalam twitter, ada dua hal yang penting selain menuliskan artikel dengan batasan 14o karakternya itu, yaitu following dan follower, Following adalah member lain yang Anda ikuti atau tambahkan ke dalam daftar teman Anda. Sedangkan Follower adalah daftar member lain yang mengikuti atau menambahkan Anda ke dalam daftar temannya. nah disinilah sebenarnya letak keunikan dan manfaat lainnya dari twitter. apabila kita telaah mengenai kegunaan dua hal tersebut maka kita bisa memulainya dengan dua pertanyaan, kenapa seseorang mengikuti/following seseorang lainnya, dan kenapa kita di ikuti/follower oleh orang lain?
ada beberapa alasan kenapa kita meng-following yang dapat menjelaskannya ;

karena kita adalah teman mereka ( hampir 100% orang-orang yang kita cari adalah mereka, teman-teman kita),
karena mereka menarik bagi kita, dan tweet2nya bermanfaat (walau kita tidak mengenalnya sekalipun) .
karena mereka adalah orang yang kita idolakan atau kita adalah fans mereka (menarik bukan mengikuti/ mengetahui apa yang sedang mereka lakukan).
dan mengenai alasan kenapa seseorang dapat men-follow kita adalah karena… balikan saja alasan diatas kembali
jadi, twitter juga bisa bermakna untuk mensosialisasikan atau memberi influence terhadap apa yang kita share, dan tentunya hal tersebut haruslah mengenai hal yang baik dan berguna bagi follower2 kita, semakin menarik apa yang kita ungkapkan dalam tweet kita, maka semakin menarik perhatian seseorang pula menjadi follower kita. seperti dalam blog pak Ali Akbar

“Twitter adalah TENTANG FOLLOWER mu, bukan CUMA DIRIMU – Jangan cuma orang harus tahu anda ngapain, tapi juga berikan sesuatu yang BERHARGA untuk orang lain“.

oleh karena itu kenapa banyak perusahaan2 yang memakai jasa twitter juga selain untuk mengetahui apa yang pelanggan pikirkan mengenai produk mereka sehingga dapat dijadikan masukan dan pembaharuan yang bisa segera diadaptasikan dalam penjualan produk mereka, twitter juga berguna untuk berpromosi terhadap produk-produk barunya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes